Senin, 07 Desember 2020

DOWNLOAD CONTOH PTK EKONOMI SMA KURIKULUM 2013 DOC

DOWNLOAD CONTOH PTK EKONOMI SMA KURIKULUM 2013 DOC-Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah diuraikan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dari penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan serta melalui analisis data penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Kontribusi pembelajaran ekonomi adalah salah satu faktor yang menimbulkan kesadaran berkoperasi pada siswa di SMAN 1 .......... Khususnya Kelas X IPS 4Tahun Pelajaran 20../20... 2) Strategi kontribusi pembelajaran ekonomi sebagai faktor yang menimbulkan kesadaran berkoperasi pada siswa di SMAN 1 .............Khususnya Kelas X IPS 4 Tahun Pelajaran 2017/2018 di tempuh dengan mengadakan kegiatan belajar mengajar materi koperasi dengan baik sehingga dapat menggugah siswa untuk antusias ikut berperan serta dalam koperasi sekolah di SMAN 1 .................... dan strategi yang telah ditempuh terbukti dapat menimbulkan kesadaran berkoperasi pada siswa di SMAN 1 .....................ptk ekonomi sma doc

Berdasrakan penelitian yang dilakukan, maka saran yang dapat diberikan adalah sebagai berikut: 1) Dalam pembelajaran, guru hendaknya dapat merencanakan dan melaksanakan pembelajaran dengan baik sehingga dapat tercapai tujuan dari pembelajaran tersebut. 2) Pembelajaran koperasi harus menonjolkan dari manfaat yang akan diterima oleh siswa sehingga menjadi daya tarik dan menimbulkan kesadaran siswa dalam berpartisipasi pada koperasi sekolah.

Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas mapel EKONOMI SMA yang diberi judul "PEMBELAJARAN EKONOMI MATERI KOPERASI SEBAGAI UPAYA MENDORONG SISWA MEMILIKI KESADARAN BERKOPRASI DI SMAN 1 ...........(PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SISWA KELAS X IPS 4 DI SMAN 1 .......... TAHUN PELAJARAN 20../20..)”, untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam kenaikan tingkat dari IV a ke IV b. Disini akan di bahas lengkap.

PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan file .. lengkap dalam bentuk word dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS/WA/TM ke 081-7283-4988 dengan Format PESAN  PTK 003# SMA  ).

A.CONTOH LENGKAP PTK EKONOMI SMA DOC

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Kerjasama diadakan orang karena adanya kesamaan jenis kebutuhan hidup manusia. Dalam bidang perekonomian dibentuk koperasi sebagai salah satu badan usaha. Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatan berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan atas asas kekeluargaan (UU No.25 tahun 1992).

Siswa SMA di zaman modern ini sepertinya sudah kurang memiliki kesadaran dalam berkoperasi. Hal ini terjadi di SMAN 1 ............ Partisipasi, bukan hanya bagian penting, tapi juga vital dalam pembangunan koperasi. Partisipasi siswa merupakan kunci keberhasilan organisasi dan usaha koperasi di sekolah. Partisipasi anggota dilandaskan pada prinsip indentitas gandanya (dual identity), yaitu anggota sebagai pemilik, sekaligus sebagai pengguna. Keadaan tersebut merupakan permasalahan pendidik di SMAN 1 ..........khususnya guru mata pelajaran ekonomi.

Koperasi sekolah menjadi sarana untuk berorganisasi, menumbuhkan toleransi dan rasa kekeluargaan. Koperasi sekolah dibentuk berdasarkan surat keputusan antara beberapa departemen, yaitu Departemen Pendidikan Nasional, serta Departemen Transmigrasi dan Koperasi, yang dituangkan dalam surat keputusan pada tanggal 18 juli 1972 No.275/ KPTS/ Mentraskop/ 72. Di dalam surat keputusan tersebut ditegaskan bahwa koperasi dapat didirikan di sekolah-sekolah, baik sekolah negeri maupun sekolah swasta, atau lembaga-lembaga pendidikan lainnya. Koperasi sekolah adalah koperasi yang didirikan di lingkungan sekolah dan anggotanya para siswa-siswa tanpa berbadan hukum. Sebagai penunjang program pembangunan pemerintah di sektor perekonomian melalui program pendidikan koperasi di sekolah, menumbuhkan koperasi sekolah dan kesadaran berkoperasi dikalangan siswa, membina rasa tanggung jawab, meningkatkan keterampilan siswa, membina rasa tanggung jawab, serta sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan siswa dan warga sekolah terutama menyangkut peralatan sekolah. 

Berdasarkan hasil observasi di atas peneliti bermaksud memberikan pembelajaran ekonomi yang dapat mendorong kesadaran berkoperasi siswa di SMAN 1 .......... sedini mungkin. Peneliti mencoba mengadakan pendekatan pada siswa melalui pembelajaran dengan materi perkoperasian yang diharapkan dapat menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran berkoperasi siswa di sekolah.

Dari latar belakang di atas, ada keterkaitan antara faktor-faktor yang mempengaruhi kesadaran berkoperasi siswa di SMAN 1 ............ dengan strategi pada penyampaian materi perkoperasian pada mata pelajaran ekonomi. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Pembelajaran Ekonomi Koperasi Sebagai Upaya Mendorong Siswa Memiliki Kesadaran Berkoprasi di SMAN 1................

1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:

1) Apakah pembelajaran ekonomi sebagai salah satu faktor yang mendorong kesadaran berkoperasi pada siswa di SMAN 1 ............ Khususnya Kelas X IPS 4  Tahun Pelajaran 2017/2018 ?

2) Bagaimana strategi pembelajaran ekonomi dalam mendorong kesadaran berkoperasi pada siswa di SMAN 1 .......... Khususnya Kelas X IPS 4 Tahun Pelajaran 2017/2018 ?

1.3 Tujuan Penelitian

Berdasarkan rumusan masalah diatas, ada dua tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini, yaitu sebagai berikut :

1) Untuk mengetahui pembelajaran ekonomi sebagai salah satu faktor yang mendorong kesadaran berkoperasi pada siswa di SMAN 1 .......... khususnya Kelas X IPS 4  Tahun Pelajaran 2017/2018.

2) Untuk mengetahui strategi pembelajaran ekonomi sebagai faktor mendorong kesadaran berkoperasi pada siswa di SMAN 1 ............ khususnya Kelas X IPS 4  Tahun Pelajaran 2017/2018.

1.4 Manfaat Penelitian

Adapun manfaat-manfaat dari penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut:

1.4.1 Manfaat Teoritis

Sebagai referensi tambahan dan bahan kajian dalam menambah khasanah ilmu pengetahuan dalam mata pelajaran ekonomi kelas X dan bidang perkoperasian khususnya informasi bagaimana strategi yang digunakan dalam meningkatkan kesadaran berkoperasi siswa di sekolah.

Menambah pengalaman dan wawasan dalam mengetahui apa saja strategi yang digunakan untuk mendorong kesadaran berkoperasi siswa.

Sebagai bahan acuan dan informasi dalam penelitian sejenis dimasa yang akan datang.

1.4.2 Manfaat Praktis

Dapat digunakan sebagai masukan atau informasi pada guru ekonomi dalam mendorong kesadaran berkoperasi siswa di sekolah.

Langkah nyata dari teori-teori perkoperasian yang dapat dipahami siswa dengan dunia nyata atau kenyataan di lapangan.

Dapat memberikan informasi yang berguna untuk meningkatkan kesadaran berkoperasi siswa di sekolah.

B.PTK EKONOMI SMA KELAS X LENGKAP TERBARU

BAB II
LANDASAN TEORI

2.1 Landasan Teori

2.1.1 Kontribusi

Pengertian Kontribusi berasal dari bahasa inggris yaitu contribute, contribution, maknanya adalah keikutsertaan, keterlibatan, melibatkan diri maupun sumbangan. Berarti dalam hal ini kontribusi dapat berupa materi atau tindakan. Hal yang bersifat materi misalnya seorang individu memberikan pinjaman terhadap pihak lain demi kebaikan bersama. Kontribusi dalam pengertian sebagai tindakan yaitu berupa perilaku yang dilakukan oleh individu yang kemudian memberikan dampak baik positif maupun negatif terhadap pihak lain. Sebagai contoh, seseorang melakukan kerja bakti di daerah rumahnya demi menciptakan suasana asri di daerah tempat ia tinggal sehingga memberikan dampak positif bagi penduduk maupun pendatang. Dengan kontribusi berarti individu tersebut juga berusaha meningkatkan efisisensi dan efektivitas hidupnya. Hal ini dilakukan dengan cara menajamkan posisi perannya, sesuatu yang kemudian mejadi bidang spesialis, agar lebih tepat sesuai dengan kompetensi. Kontribusi dapat diberikan dalam berbagai bidang yaitu pemikiran, kepemimpinan, profesionalisme, finansial, dan lainnya (Ahira: 2012).

Berdasarkan pengertian kontribusi yang dikemukakan di atas maka dapat diartikan bahwa kontribusi pemberian beasiswa adalah keterlibatan yang dilakukan oleh pihak tertentu melalui program pemberian beasiswa dalam memberikan sumbangan kepada mahasiswa yang akan memberikan dampak terhadap prestasi akademik.

2.1.2 Koperasi

Menurut Aditya (2009:50), ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keikutsertaan siswa dalam berkoperasi, yaitu sebagai berikut:

a. Faktor Sumber Pengetahuan Tentang Koperasi, antara lain:

Materi pengajaran yang diberikan oleh guru

Bahan-bahan yang berasal dari buku-buku (bacaan)

Informasi-informasi tentang koperasi.

b. Faktor Keyakinan

Adanya pengertian tentang koperasi dan keyakinan akan kemampuan koperasi yang dapat memberi mmanfaat bagi diri sendiri ataupun bagi masyarakat dapat menumbuhkan keikutsertaan siswa berkoperasi.

c. Faktor Metode Mengajar Guru

Keberhasilan daripada pencapaian tujuan pembelajaran banyak ditentukan oleh bagaimana cara guru dalam menyampaikan pelajaran tersebut kepada siswa. Pemilihan metode mengajar yang tepat dan serasi oleh guru merupakan daya tarik bagi siswa terhadap pelajaran yang diberikan oleh guru. Didalam mengajar koperasi, maka untuk dapat menarik atau menumbuhkan minat siswa terhadap koperasi, tidaklah hanya cukup dengan ceramah saja tetapi pelajaran tersebut akan lebih menarik apabila siswa, misalnya saja diajak meninjau ke beberapa obyek koperasi di lingkungan sekitar ataupun diajak memecahkan suatu masalah yang ada sangkut pautnya dengan koperasi (metode diskusi).

d. Faktor Fasilitas Praktek Koperasi

Tersedianya fasilitas untuk keperluan praktik koperasi di sekolah dan segala peralatannya, tersedianya waktu untuk melaksanakannya, juga adanya bimbingan dari para guru di dalam melaksanakan praktik koperasi.


e. Faktor-Faktor di Luar Sekolah, antara lain:

1. Dorongan dari pihak orang tua

2. Adanya pengertian dan keyakinan dari orang tua terhadap koperasi, dapat mendorong menumbuhkan keikutsertaan berkoperasi bagi siswa.


2.1.3 Koperasi Sekolah

Koperasi sekolah adalah koperasi yang berada di lingkungan sekolah yang anggotanya adalah siswa dari sekolah tersebut yang dapat melakukan kegiatan ekonomi tanpa berbadan hukum. Koperasi sekolah adalah koperasi yang didirikan di lingkungan sekolah dan anggotanya para siswa-siswa tanpa berbadan hukum. Sebagai penunjang program pembangunan pemerintah di sektor perekonomian melalui program pendidikan koperasi di sekolah, menumbuhkan koperasi sekolah dan kesadaran berkoperasi di kalangan siswa, membina rasa tanggung jawab, meningkatkan keterampilan siswa, membina rasa tanggung jawab, serta sebagai sarana untuk memeneuhi keburuhan siswa dan warga sekolah terutama menyangkut peralatan sekolah. 

Berdasarkan pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa koperasi sekolah adalah suatu badan usaha yang beranggotakan para siswa, yang bekerjasama dalam suatu usaha dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan para anggotanya tanpa berbadan hukum.

C.PTK INI LENGKAP MULAI BAB 1 S/D BAB 5, SESUAI DAFTAR ISI ,YANG BERMINAT MENJADIKAN REFERENSI PEMBUATAN PTK SILAHKAN WA/SMS/TM 08172834988

D.DAFTAR ISI

Halaman

HALAMAN JUDUL

HALAMAN PENGESAHAN

ABSTRAK

KATA PENGANTAR  i

DAFTAR ISI  ii

DAFTAR TABEL  iii

DAFTAR GAMBAR  iv

DAFTAR LAMPIRRAN  v


BAB I PENDAHULUAN 

1.1 Latar Belakang Masalah  1

1.2 Rumusan Masalah  3

1.3 Tujuan Penelitian  3

1.4 Manfaat Penelitian  3


BAB II KAJIAN TEORI 

2.1 Landasan Teori  5

2.2 Kerangka Berpikir  11


BAB III METODE PENELITIAN

3.1 Jenis Penelitian  12

3.2 Lokasi dan Subjek Penelitian  13

3.3 Rencana Tindakan Penelitian  14

3.4 Sumber Data Penelitian 15

3.5 Alat Pengumpulan Data 16

3.6 Validasi Data 19

3.7 Teknik Analisi Data  20

3.8 Kriteria Keberhasilan Penelitian  20


BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN 

4.1 Hasil Penelitian  21

4.1.1 Siklus I  21

4.1.2 Siklus II  26

4.1.3 Siklus III  30

4.2 Pembahasan  35


BAB V KESIMPULAN DAN SARAN

5.1 Kesimpulan  38

5.2 Saran-saran  38


DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

 

DAFTAR TABEL

Tabel Halaman

Tabel 3.1 Klasifikasi Penilaian Guru dalam KBM  17

Tabel 3.2 Klasifikasi Pengamatan Siswa dalam KBM  18

Tabel 3.3 Klasifikasi Respon Siswa pada KBM  19

Tabel 4.1 Hasil Observasi Pengamatan Guru  Siklus I 23

Tabel 4.2 Hasil Observasi Kesadaran Berkoperasi Siswa Siklus I  25

Tabel 4.3 Hasil Observasi Pengamatan Guru  Siklus II 27

Tabel 4.4 Hasil Observasi Kesadaran Berkoperasi Siswa Siklus II 29

Tabel 4.5 Hasil Observasi Pengamatan Guru  Siklus III 32

Tabel 4.6 Hasil Observasi Kesadaran Berkoperasi Siswa Siklus III 33

Tabel 4.7 Hasil Rekapitulasi Pengamatan Guru  Tiap Siklus 35

Tabel 4.8 Hasil Rekapitulasi Kesadaran Berkoperasi Siswa Tiap Siklus 36

Terima kasih telah berkunjung di blog kami yang membahas PTK EKONOMI SMA. Semoga .PTK ini dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + Rekomendasikan ini di Google untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di bawah. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.