Kamis, 26 November 2020

DOWNLOAD CONTOH PTK BAHASA INDONESIA KELAS VI DOC

DOWNLOAD CONTOH PTK BAHASA INDONESIA KELAS VI DOC-Pembelajaran membaca puisi adalah bagian dari pembelajaran apresiasi sastra. Proses belajar mengajar di SDN 1 ......, khususnya siswa kelas VI dalam pembelajaran membaca puisi belum sepenuhnya menguasai. Kegagalan pembelajaran membaca puisi pada siswa kelas VI SDN 1 ....mencapai 75% lebih. Berkaitan dengan pembelajaran membaca puisi, metode demonstrasi dapat dijadikan pilihan yang paling tepat dan efektif. Kelebihan metode ini dalam pembelajaran membaca puisi adalah; (1) Siswa dapat secara langsung mengamati bentuk pembacaan puisi, (2) Siswa dapat secara langsung mengetahui pelafalan kata, intonasi dalam membaca puisi dengan baik, (3) Siswa dapat secara langsung mengetahui pentingnya interpretasi,penampilan ketika membaca puisi, (4) Suasana kelas akan lebih hidup karena menghilangkan kejenuhan serta dapat dijadikan sebagai hiburan. Berdasarkan latar belakang di atas maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul peningkatan kemampuan membaca puisi dengan metode demonstrasi pada siswa kelas VI SDN 1........ptk bahasa indonesia sd kelas vi doc

Penelitian ini berdasarkan permasalahan : (a) Bagaimanakah cara meningkatkan ketrampilan membaca puisi pada siswa kelas VI SDN 1 ...........? (b) Bagaimanakah pengaruh pembelajaran dengan metode demonstrasi dalam membantu siswa meningkatkan ketrampilan membaca puisi pada   siswa kelas  VI  SDN 1 ..........?

Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah : (a) Mengetahui bagaimana prestasi, pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Bahasa Indonesia setelah diterapkannya metode demonstrasi pada siswa kelas VI SDN 1 .......... (b) Mengetahui pengaruhnya metode demonstrasi dalam meningkatkan ketrampilan membaca puisi setelah diterapkan pembelajaran dengan metode demonstrasi pada siswa kelas VI SDN 1 .........contoh ptk sd doc

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) Penelitian dilaksanakan terhadap 28 siswa Kelas VI SDN 1 ......... Prosedur penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini dilaksanakan dari kegiatan yang berbentuk siklus diawali dengan kegiatan pra siklus, siklus 1, siklus 2 dan kemudian siklus 3. 

Dari hasil analisis didapatkan bahwa pembelajaran koperatif sangat menunjang peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan data hasil belajar yang terus meningkat dari siklus 1 65,71, siklus 2 sebesar 69,64 dan siklus ketiga dengan hasil sebesar 73,57. Faktor lain yang menyebabkan hal diatas adalah disebabkan kondisi pembelajaran yang menyenangkan bagi para guru, hal ini dinyatakan sekitar 90 % siswa terlihat antusias dan terlibat aktif dalam proses pembelajaran.

Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca puisi dan metode demontrasi sangat membantu siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi membaca puisi.

 Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas mapel BAHASA INDONESIA yang diberi judul “PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VI SDN 1 ....... TAHUN PELAJARAN 20../20.. ”, untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam kenaikan tingkat dari IV a ke IV b. Disini akan di bahas lengkap.

PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan file .. lengkap dalam bentuk word dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS/WA/TM ke 081-7283-4988 dengan Format PESAN  PTK 073 SD   ).

A.CONTOH PTK BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Pembelajaran membaca puisi adalah bagian dari pembelajaran apresiasi sastra. Pembelajaran apresiasi sastra merupakan proses antara guru dan siswa, yang menjadikan proses pengenalan, pemahaman dan penghayatan. Pada akhirnya dalam menikmati karya sastra akan mampu menerapkan di dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran sastra khususnya puisi dalam kegiatan belajar belum diupayakan secara maksimal, karena sebenarnya pembelajaran puisi merupakan kegiatan pementasan karya seni yang memerlukan  kemampuan khusus.

Proses belajar mengajar di SDN 1 ..., khususnya siswa kelas VI dalam pembelajaran membaca puisi belum sepenuhnya menguasai. Dikarenakan beberapa hal diantaranya; Siswa tidak berani tampil dan membaca dengan baik, hal ini juga dipengaruhi oleh faktor psikologis, merasa asing, merasa malu, merasa takut dan kurang percaya diri.

Kegagalan pembelajaran membaca puisi pada siswa kelas VI SDN 1 ... mencapai 75% lebih. Sebagai gambaran antara lain; mereka membaca sambil tertawa sendiri karena merasa lucu dan aneh, siswa yang merani tampil secara sukarela tidak ada, seandainya ada yang berani tampil karena terpaksa, akan membaca jauh dari norma membaca puisi yang baik dan suasana kelas sama sekali tidak mendukung. Pembangkit motivasi siswa agar menyukai pembacaan puisi dapat ditempuh dengan langkah-langkah; dengan mengajak siswa berdiskusi tentang puisi yang akan dibacakan, siswa biasa melihat langsung dengan kata lain dapat menggunakan metode demonstrasi,dan diharapkan dapat mengapresiasikan puisi melalui menulis atau menceritakan kembali dan memparafrasekan.

Dalam buku Strategi Belajar Mengajar (2001:114), ada beberapa macam  metode mengajar, antara lain; Metode Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi, Kerja Kelompok, Pemberian Tugas, Demonstrasi, Eksperimen. Berkaitan dengan pembelajaran membaca puisi, metode demonstrasi dapat dijadikan pilihan yang paling tepat dan efektif. download ptk sd lengkap

Kelebihan metode ini dalam pembelajaran membaca puisi adalah; (1) Siswa dapat secara langsung mengamati bentuk pembacaan puisi, (2) Siswa dapat secara langsung mengetahui pelafalan kata, intonasi dalam membaca puisi dengan baik, (3) Siswa dapat secara langsung mengetahui pentingnya interpretasi,penampilan ketika membaca puisi, (4) Suasana kelas akan lebih hidup karena menghilangkan kejenuhan serta dapat dijadikan sebagai hiburan.

Sedangkan kelemahan metode ini antara lain; (1) Siswa cenderung meniru model tanpa kreatifitas sendiri, (2) Siswa menganggap model adalah yang paling baik, (3) Tidak setiap guru menjadi model yang baik dan tidak mudah mencari model yang baik di luar guru.

Pemilihan metode demonstrasi merupakan tantangan bagi guru. Guru akan menjadi model didepan kelas, dengan demikian guru akan berusaha meningkatkan kualitas diri. Penyajian pembelajaran yang dipersiapkan dengan baik akan mendapat respon dari siswanya.Dengan penyajian berulang-ulang dan selalu menarik akan menimbulkan motivasi siswa terhadap minat membaca puisi.

Berdasarkan latar belakang di atas maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul peningkatan kemampuan membaca puisi dengan metode demonstrasi pada siswa kelas VI SDN 1 ...

B. Rumusan Masalah

Bertitik tolak dari latar belakang diatas maka dirumuskan permasalahnya adalah sebagai berikut:

1. Bagaimanakah cara meningkatkan keterampilan membaca puisi pada siswa kelas VI SDN 1 .....

2. Bagaimanakah pengaruh pembelajaran dengan metode demonstrasi dalam membantu siswa meningkatkan ketrampilan membaca puisi pada siswa kelas  VI  SDN 1 ......

C. Tujuan Penelitian

Sesuai dengan permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk:

1. Ingin mengetahui bagaimana prestasi, pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Bahasa Indonesia setelah diterapkannya metode demonstrasi pada siswa kelas VI SDN 1 .....

2. Ingin mengetahui pengaruhnya metode demonstrasi dalam meningkatkan ketrampilan membaca puisi setelah diterapkan pembelajaran dengan metode demonstrasi pada siswa kelas VI SDN 1 ....


B.FILE PTK BAHASA INDONESIA KELAS VI INI ADA 5 BAB DAN LAMPIRAN SERTA DAPUS.


DAFTAR ISI


Halaman 
Halaman Judul  i
Halaman Pengesahan  ii
Kata Pengantar  iii
Abstrak  iv
Daftar Isi  vi
Daftar Lampiran  viii

BAB      I        PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah  1
B. Rumusan Masalah  3
C. Tujuan Penelitian  3
D. Manfaat Penelitian   4

BAB     II      LANDASAN TEORI

A. Definisi Puisi 5
B. Pembelajaran Membaca Puisi di  SD 5
C. Pembelajaran Puisi Dengan Metode Demonstrasi 6

BAB     III       METODOLOGI PENELITIAN

A. Subyek Penelitian 8
B. Deskripsi Per Siklus  8
C. Rencana 9
D. Pelaksanaan 10
E. Pengamatan/  Pengumpulan  Data/ Instrumen 11
F. Refleksi  14

BAB     IV       HASIL DAN PEMBAHASAN

A. Deskripsi Pelaksanaan Tindakan  17
B. Pembahasan Hasil Penelitian  28

BAB    V         SIMPULAN DAN SARAN

A. Simpulan  30
B. Saran  30

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN


Terima kasih telah berkunjung di blog kami yang membahasPTK BAHASA INDONESIA .Semoga PTK  ini dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + Rekomendasikan ini di Google untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di bawah. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.