Kamis, 24 September 2020

DOWNLOAD JUDUL PTK PKN SD KELAS III TERBARU DOC

DOWNLOAD JUDUL PTK PKN SD KELAS III TERBARU DOC-Rendahnya kemampuan siswa dalam menyimpulkan materi maka peneliti ingin mengangkat permaslahan tersebut sebagai bahan perbaikan pada mata pelajaran PKn. Setelah dilakukan penelitian. Berdasarkan pada hasil penelitian dan pembahasan tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti yang juga adalah guru dengan observer maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Pembelajaran dengan menggunakan metode mind mapping dilaksanakan dengan pembelajaran yang menyenangkan dan difokuskan terhadap kreativitas siswa. Siswa dibiarkan menuangkan ide yang ada dalam pikiran mereka dalam menyajikan simpulan materi yang menarik dan mudah diingat dengan metode mind mapping. 2) Berdasarkan hasil observasi Kemampuan menyajikan simpulan materi siswa pada siklus I dengan rata-rata persentase sebesar 73,02 meningkat menjadi 84,90 pada siklus II terdapat peningkatan sebesar 11,87 poin. Pencapaian kemampuan menyajikan simpulan materi siswa yang melebihi indikator keberhasilan yaitu 100% pada siklus II menandakan bahwa penelitian tindakan kelas telah berhasil. Dengan demikian menunjukan bahwa penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran PKn dapat meningkatkan kemampuan menyajikan simpulan materi siswa Kelas III-A di SDN ....... Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian pun berhasil dilaksanakan contoh pkp pkn kelas 3

Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas mapel PKN SD yang diberi judul “UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYAJIKAN SIMPULAN PKn MELALUI MIND MAPPING PADA SISWA KELAS III-A SDN ..... TAHUN PELAJARAN 20../20..”, untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam kenaikan tingkat dari IV a ke IV b. Disini akan di bahas lengkap.

PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan file PTK PKN SD lengkap dalam bentuk word dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS/WA/TM ke 081-7283-4988 dengan Format PESAN  PTK 066 SD  ).

A.PTK PKN KELAS 3 SD LENGKAP KURIKULUM 2013

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar BelakangMasalah

Salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa dalam belajar PKn di Sekolah Dasar kelas III adalah kemampuan menyajikan simpulan materi. Siswa yang memiliki kemampuan menyajikan simpulan materi pada mata pelajaran PKn, belajarnya tinggi cenderung prestasinya pun akan tinggi pula, sebaliknya siswa yang kemampuan menyajikan simpulan materi dalam mata pelajaran PKn belajarnya rendah, akan rendah pula kemampuannya. Dalam proses pembelajaran kemampuan menyajikan simpulan materi dalam mata pelajaran PKn merupakan salah satu aspek dinamis dan penting. Namun banyak siswa yang kurang mampu bukan disebabkan oleh kemampuanya kurang, akan tetapi dikarenakan tidak adanya semangat untuk memiliki kemampuan menyajikan simpulan materi dalam mata pelajaran PKn. Sehingga siswa tidak bersungguh-sungguh dalam mengikuti proses pembelajaran (Wina Sanjaya, 2008:248).ptk pkn sd kelas 3 doc

Kelas III-A  di SDN Sukatani, didapati memiliki kemampuan menyajikan simpulan materi dalam mata pelajaran PKn siswa kurang dan cenderung tidak bersemangat terutama dalam proses pembelajaran PKn dikelas. Ini dapat dilihat dari proses pembelajaran PKn di Kelas III-A  semsester I tahun pelajaran 2016/2017 dimana siswanya tidak terlibat aktif selama pembelajaran berlangsung. Hal itu dapat disebabkan karena kemampuan menyajikan simpulan materi siswa dalam mata pelajaran PKn yang kurang dicermati oleh pendidik, sehingga menimbulkan kejenuhan selama proses pembelajaran dikelas. Untuk menumbuhkan kemampuan menyajikan simpulan materi dalam mata pelajaran PKn siswa, pendidik harus kreatif dalam proses pembelajaran, salah satunya dengan memberikan dorongan semangat untuk belajar dan penggunaan metode yang bervariasi. Dengan penggunaan metode yang bervariasi akan merangsang dan meningkatkan kemampuan menyajikan simpulan materi dalam mata pelajaran PKn kembali semangat belajar siswa (Munandar, 2013:87).

Metode pembelajaran dewasa ini pada umumnya menggunakan pendekatan sistem. Pendekatan dalam pembelajaran ini sebagai suatu sistem yang mempunyai komponen materi, metode, alat dan evaluasi yang saling berinteraksi dan berhubungan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Dalam proses belajar mengajar, penggunaan metode pengajaran yang tepat akan sangat berpengaruh terhadap ketercapaian pemahaman siswa. Begitu juga siswa dalam belajar, jika siswa bisa mengaktifkan dua sisi otaknya secara efektif, maka siswa akan mudah menerima pelajaran yang guru sampaikan.

Metode pembelajaran mind mapping merupakan istilah teknik pemetaan pikiran untuk membantu membuka seluruh potensi dan kapasitas otak yang masih tersembunyi. Pemetaan pikiran ini akan melibatkan kedua sisi otak secara bersamaan, yakni otak kanan dan kiri. Metode ini mempermudah memasukan informasi dari dalam otak. Mind mapping adalah alat berfikir kreatif yang mencerminkan cara kerja otak (Buzan, 2006:103).

 Berdasarkan latar belakang di atas maka peneliti berniat mengadakan penelitian dengan judul “Upaya meningkatkan kemampuan menyajikan simpulan materi PKm melalui mind maping pada siswa kelas III-A  SDN ........Tahun Pelajaran 2016/2017” sebagai solusi dari permasalahan tersebut.

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut:

1. Bagaimana deskripsi penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran PKn bahasan menyajikan simpulan materi di Kelas III-A  di SDN ..... ?contoh proposal ptk pkn sd

2. Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa Kelas III-A  di SDN ......... setelah penerapan metode mind mapping ?

C. Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dan kegunaan dari PTK  ini adalah sebagai berikut:

1. Untuk mengetahui deskkripsi penerapan metode mind mapping dalam pembelajaran PKn bahasan menyajikan simpulan materi di Kelas III-A  di SDN ...........

2. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa Kelas III-A  di SDN .......... setelah penerapan metode mind mapping.

D. Manfaat Penelitian

Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat baik secara teoritis dan praktis.

1. Secara Teoritis

Penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dan khasanah keintelektualan terutama yang berkaitan dengan penggunaan metode pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan kemampuan menyajikan simpulan materi dalam mata pelajaran PKn.

2. Secara Praktis

Bagi Peneliti

Dapat menambah keilmuan dan pengalaman dalam dunia pendidikan untuk menjadi seorang pendidik yang professional.

BagiPendidik

1) Pendidik dapat memperoleh pengalaman dan wawasan serta gambaran baru mengenai pembelajaran model mind mapping, selain itu dapat meningkatkan kemampuan menyajikan simpulan materi dalam mata pelajaran PKn siswa Kelas III-A  di SDN ..........

2) Membantu pendidik dalam mengatasi masalah peningkatan kemampuan menyajikan simpulan materi dalam mata pelajaran PKn yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran.

B.PENELITIAN TINDAKAN KELAS UNTUK SD KELAS 3 LENGKAP

BAB II
KAJIAN TEORI

A. Kemampuan

Kemampuan (abilities) seseorang akan turut serta menentukan perilaku dan hasilnya. Yang dimaksud kemampuan atau abilities ialah bakat yang melekat pada seseorang untuk melakukan suatu kegiatan secara phisik atau mental yang ia peroleh sejak lahir, belajar, dan dari pengalaman.

Menurut Soelaiman (2007:112) kemampuan adalah sifat yang dibawa lahir atau dipelajari yang memungkinkan seseorang yang dapat menyelesaikan pekerjaannya, baik secara mental ataupun fisik. Karyawan dalam suatu organisasi, meskipun dimotivasi dengan baik, tetapi tdak semua memiliki kemampuan untuk bekerja dengan baik. Kemampuan dan keterampilan memainkan peranan utama dalam perilaku dan kinerja individu. Keterampilan adalah kecakapan yangberhubungan dengan tugas yang di miliki dan dipergunakan oleh seseorang padawaktu yang tepat. Sedangkan menurut Kreitner (2005:185) yang dimaksud dengan kemampuan adalah karakteristik stabil yang berkaitan dengan kemampuan maksimum phisik mental seseorang. Menurut Robins (2006:46) Kemampuan (ability) adalah kapasitas individu untuk melaksanakan berbagai tugas dalam pekerjaan tertentu. Seluruh kemampuan seorang individu pada hakekatnya tersusun dari dua perangkat factor yaitu kemampuan intelektual dan kemampuan phisik.contoh proposal ptk sd kelas 3 kurikulum 2013

Berdasarkan pendapat di atas maka dapat disimpulkan bahwa ability the natural aptitudes and learned capabilities required to successfully complete a task atau kemampuan adalah kecerdasan-kecerdasan alami dan kapabilitas dipelajari yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu tugas. Kecerdasan adalah bakat alami yang membantu para karyawan mempelajari tugas-tugas tertentu lebih cepat dan mengerjakannya lebih baik.

B. Metode Mind Mapping

Konsep mind mapping asal mulanya diperkenalkan oleh Tony Buzan tahun 1970-an. Teknik ini dikenal juga dengan nama radiant thinking. Sebuah mind mapping memiliki sebuah ide atau kata sentral, dan ada 5 sampai 10 ide lain yang keluar dari ide yang keluar dari ide sentral tersebut. Mind mapping sangat efektif bila digunakan untuk memunculkan ide terpendam yang siswa miliki dan membuat asosiasi diantara ide tersebut. Mind mapping juga berguna untuk mengorganisasi informasi yang kita miliki. Bentuk visualisasinya yang saling berhubungan antar cabang memudahkan untuk merefensikan satu informasi kepada informasi lainya.

Saat siswa mendengarkan gurunya menerangkan, mencatat, membaca materi pelajaran, menghitung, menggunakan logika untuk memecahkan masalah, dia juga sedang aktif menggunakan sisi otak kirinya. Otak kiri sifat memorinya adalah jangka pendek (Windura, 2008:6). Begitu juga saat siswa menikmati pemandangan alam, lukisan dan musik siswa sedang menggunakan otak kanan, sifat memorinya adalah jangka panjang. Kita lebih mudah mengingat wajah orang dari pada namanya, karena nama adalah kata-kata dan menggunakan otak kiri sifatnya jangka pendek sedang wajah adalah gambar yang tersimpan di otak kanan dan sifat memorinya adalah jangka panjang.

Dalam pelaksanaan proses pembelajaran dikelas banyak menuntut siswa untuk menggunakan otak kiri dari PKn dari pada otak kanan, antara lain:

Siswa kebanyakan lebih sering menggunakan organ tubuh sebelah kanan, misalnya saat berjabat tangan, mengambil sesuatu, menulis, membalik halaman buku, menendang bola, menyendok makanan. Organ tubuh sebelah kanan yang mengatur adalah otak kiri kita.

Kegiatan sehari-hari siswa didominasi oleh kegiatan menulis, mencatat, mendengarkan pendidik menerangkan, membaca buku atau berbicara dengan anggota keluarga dan teman-teman. Ini adalah aktivitas yang dilakukan oleh otak kiri juga.

Materi pelajaran siswa lebih dominan menggunakan unsur otak kiri juga, misalnya pelajaran PKn. Pelajaran lain juga banyak menuntut logika berpikir anak, seperti matematika, PKn, fisika, kimia, biologi dan lain-lain (Ibid, 2004:6).contoh laporan penelitian tindakan kelas sekolah dasar

Perlakuan yang salah terhadap otak akan menyebabkan gangguan-gangguan dalam belajar. Pada siswa akan timbul masalah yang bermacam-macam, antara lain: a). tidak bisa konsentrasi, b). tidak paham apa yang dipelajari, c). mudah lupa apa yang diingatnya, d). otak merasa penuh dan jenuh sehingga tidak bisa belajar lebih banyak lagi. Letak kejenuhan otak ada pada otak kiri, otak kiri butuh penyeimbang beban dengan otak kanan. Mind mapping prinsip kerjanya sudah melibatkan kedua belah belah otak anak.

Dari uraian diatas, maka dapat ditarik kesimpulan dari fenomena permasalahan belajar. Belajar seharusnya selalu melibatkan kedua belah otak. Jika proses pembelajaran sudah melibatkan kedua belah otak maka kegiatan pembelajaran akan lebih menyenangkan dan siswa juga akan berkemampuan menyajikan simpulan materi dalam mata pelajaran PKn untuk belajar. Mind mapping memungkinkan hal itu terwujud secara nyata. Dari uraian tersebut terlihat bahwa mind mapping sudah melibatkan secara aktif kedua belah pihak otak kita. Dengan demikian, mind mapping dapat mengatasi permasalahan-permasalahan belajar yang telah disebutkan.

Sudah saatnya guru-guru di SDN .......... untuk mengoptimalkan potensinya dalam mengajar. Memberikan yang terbaik pada siswa, dengan membuat proses pembelajaran menyenangkan dan siswa dirangsang untuk aktif didalam proses KBM adalah suatu keharusan ditengah era global seperti saat ini. Salah satu metode inovatif yang dapat menciptakan semua itu adalah mind mapping (peta pikiran).

a. Bagamaimana mind mapping membantu kita:

1) Merencana

2) Berkomunikasi

3) Menjadi lebih kreatif

4) Menghemat waktu

5) Menyelesaikan masalah

6) Memusatkan perhatian

7) Menyusun dan menjelaskan pikiran-pikiran

8) Mengingat dengan lebih baik

9) Belajar lebih cepat dan efisien (Buzan, 2002:6).

b. Langkah-langkah membuat mind mapping:

1) Mulai dari bagian tengah kertas kosong yang sisi panjangnya diletakkan mendatar, karena memulai dari tengah memberi kebebasan kepada otak untuk menyebar kesegala arah dan mengungkapkan dirinya dengan lebih bebas danalami.

2) Gunakan gambar atau foto untuk ide sentral, karena gambar bermakna seribu kata dan membantu kata menggunakan imajinasi. Sebuah gambar sentral akan lebih menarik, membuat kita tetap fokus, membantu berkonsentrasi dan mengaktifkan otak kita.

3) Gunakan warna, karena bagi otak, warna sama menariknya dengan gambar. Warna membuat mind mapping lebih hidup menambah energi kepada pemikiran kreatif dan menyenangkan.

 4) Hubungkan cabang-cabang utama ke gambar pusat dan hubungkan cabang-cabang tingkat dua dan tiga ke tingkat satu dan dua.

5) Buatlah garis hubung yang melengkung. Karena garis lurus akan membosankan otak. Cabang-cabang melengkung dan organis, seperti cabang-cabang pohon, jauh lebih menarik bagi mata. 

6) Gunakan satu kata kunci untuk setiap garis. Karena kata kunci tunggal memberi lebih banyak daya dan fleksibilitas kepada mind mapping (Ibid, 2004:15).

C.DOWNLOAD PROPOSAL PTK PKN SD TERBARU.

BAB III
METODE PENELITIAN


A. Setting dan Subjek Penelitian
1. Tempat Penelitian
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di Kelas III-A SDN ...... yang beralamat di Jl. ......... Tepatnya adalah dimana peneliti bertugas mengajar.
2. Waktu Penelitian
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada awal bulan Juli sampai dengan akhir bulan September semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 tepatnya sebagai berikut.
Tabel 3.1
Jadwal Penelitian

No Bulan Deskripsi
1 Juli 2016 Persiapan penelitian
2 Agustus 2016 Pelaksanaan penelitian
3 September 2016 Pembuatan laporan penelitian

3. Subjek Penelitian
Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas III-A SDN.....Tahun Pelajaran 2016/2017, yang terdiri dari jumlah siswa 24 orang, yang terdiri dari siswa dengan karakteristik siswa yang heterogen.
 
B. Prosedur Penelitian
Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahap, yakni: 1) perencanaan, 2) melakukan tindakan, 3) observasi, dan evaluasi. 4) Refleksi dalam tahap siklus dan akan berulang kembali pada siklus-siklus berikutnya. Aspek yang diamati dalam setiap siklusnya adalah kegiatan atau aktifitas siswa saat kompetensi menyajikan simpulan materi dengan strategi mind mapping untuk melihat perubahan tingkah laku siswa, untuk mengetahui tingkat kemajuan belajarnya yang akan berpengaruh terhadap hasil belajar dengan alat pengumpul data yang sudah disebutkan diatas. Dalam pelaksanaannya penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan dalam 2 siklus sebanyak 4 putaran.download ptk pkn kelas 3 sd

C. Metode Pengumpulan Data
Menurut Suharsimi Arikunto (2003:136), “Instrumen penelitian adalah suatu alat atau fasilitas yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data agar lebih mudah dan hasilnya lebih baik dalam arti lebih cermat, lengkap, dan sistematis sehingga lebih mudah diolah”. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut di bawah ini:.     

1. Lembar observasi
Lembar observasi yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi untuk memperoleh gambaran tentang pembelajaran dengan menggunakan metode mind mapping.
2. Tes akhir siklus
Berupa tes yang diberikan setiap akhir siklus yang akan digunakan sebagai umpan balik untuk mengetahui perubahan yang terjadi akibat metode mind mapping terhadap kemampuan menyajikan simpulan materi siswa.

D. Metode Analisis Data
Tahapan teknik analisa data penelitian tindakan kelas ini diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Reduksi Data
Reduksi data adalah proses penyederhanaan yang dilakukan melalui seleksi, pemfokusan dan pengabstraksian data mentah menjadi informasi yang bermakna. Dalam reduksi data, data yang diperoleh dari observasi, wawancara, tes dan dokumentasi tersebut disederhanakan dengan menonjolkan hal yang pokok berkaitan dengan fokus permasalahan.
2. Penyajian data 

Data yang sudah diklarifikasi dan disederhanakan, dideskripsikan dalam bentuk kata-kata yang bermakna untuk melihat gambaran keseluruhan atau bagian tertentu. Penyajian data ini dideskripsikan dalam bentuk paparan data secara naratif.
3. Penarikan kesimpulan dan refleksi
Berdasarkan data yang telah dianalisis, maka diambil kesimpulan. Penarikan kesimpulan adalah proses pengambilan intisari dari sajian data yang telah diorganisasi dalam bentuk pernyataan kalimat singkat dan padat tetapi mengandung pengertian luas yang mewakili keseluruhan. Penarikan kesimpulan didasarkan pada temuan penelitian yang diikuti pemaknaan sehingga diperoleh kesimpulan akhir. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: Data yang sudah dikumpulkan berupa data tentang observasi, wawancara, tes dan dokumentasi dianalisis secara terpisah atau sendiri-sendiri. Sesuai dengan jenis datanya maka analisisnya berupa deskriptif kuantitatif dan atau deskriptif kualitatif.

D.PTK SD KURIKULUM 2013 TERBARU DOC

DAFTAR PUSTAKA


Arikunto, Suharsimi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. 

Buzan, Tony, 2006, Buku Pintar Mind Map, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Iskandar & Dadang Sunendar. 2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosdakarya.

Madjid, Abdul. 2012. Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Kompetensi Guru). Bandung: Rosdakarya.

Mulyasa. 2009. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya. 

Muhadi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Shira Media.

Reid, Gavin. 2009. Mekemampuan menulis rewiew dalam mata pelajaran bahasa Indonesia Siswa Dikelas: Gagasan dan Strategi. Jakarta: Indeks.

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum Dan Pembelajaran (Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum). Jakarta: Prenada Media Group.

Sumiati Dan Asra. 2007. Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima. Tim Pengembang Ilmu Pendidikan Fakulta Ilmu Pendidikan UPI, IMTIMA.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu (konsesp strategi dan implementasinya). Jakarta: Bumi Aksara.

Windura, Sutanto. 2008. Mind Map (Langkah Demi Langkah). Jakarta: Elex Media Komputendo.

Terima kasih telah berkunjung di blog kami yang membahas PTK PKN SD .Semoga PTK ini dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + Rekomendasikan ini di Google untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di bawah. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.