Selasa, 08 September 2020

CONTOH PENELITIAN TINDAKAN KELAS AKUNTANSI SMKN METODE TUTUR SEBAYA

PENELITIAN TINDAKAN KELAS AKUNTANSI SMKN METODE TUTUR SEBAYA-Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi untuk siswa kelas XII AK 2 SMK Negeri 14............... Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan strategi siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII AK 2 SMK Negeri 14 .............. yang berjumlah 28 siswa. Obyek penelitian ini adalah terjadi di dalam kelas selama berlangsungnya proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, kolaborator dan melibatkan partisipasi siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, 6 x 45 menit.download ptk akuntansi smk doc


 Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar akuntansi siswa melalui penggunaan metode Tutor Sebaya. Hal tersebut terefleksi dari beberapa indikator sebagai berikut: (1) partisipasi siswa dalam diskusi kelas pada saat presentasi menunjukkan peningkatan dari 57% atau 16 siswa pada siklus I menjadi 93% atau 26 siswa. (2) Partisipasi siswa pada diskusi kelompok meningkat sebesar 61% pada siklus I menjadi 96% pada siklus II, (3) Dalam ketelitian dan ketepatan menyelesaikan soal meningkat sebesar 54% menjadi 100% (4) Adanya peningkatan pencapaian hasil belajar siswa sebesar 50% nilai rata-rata tes 65,00 menjadi 100% dengan nilai rata-rata 85,36 pada siklus II. Peningkatan tersebut terjadi setelah guru melakukan beberapa upaya, antara lain: (1) Penerapan metode Tutor Sebaya, (2) Guru memperbaiki RPP terlebih dahulu sehingga kegiatan belajar mengajar berlangsung terarah dan terprogram, (4) Guru melakukan evaluasi setelah pelaksanaan pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar berikutnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode pembelajaran Tutor Sebaya dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi baik dari domain kognitif, afektif maupun psikomotorik.

Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas mapel AKUNTASI SMK yang diberi judul “UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI MELALUI METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYAPADA SISWA KELAS XII AK 2 SMKN 14 ..........SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/2020”, untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam kenaikan tingkat dari IV a ke IV b. Disini akan di bahas lengkap.

PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIATBagi Anda yang menginginkan file .. lengkap dalam bentuk word dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS/WA/TM ke 081-7283-4988 dengan Format PESAN  PTK 002 SMK  ).

1.CONTOH PTK AKUNTANSI SMK KURIKULUM 2013

BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah
Dewasa ini peran dan fungsi pendidikan sekolah semakin penting dan dibutuhkan dalam masa pembangunan yang sedang berlangsung. Melalui pendidikan sekolah berbagai aspek pendidikan dapat dikembangkan, agar menghasilkan tenaga-tenaga manusia yang berkualitas dan bermutu. Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan bermutu diharapakn dapat menghadapi tantangan globalisasi yang sedang terjadi. Perubahan global yang terjadi akan berpengaruh pada tata kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Perubahan tersebut menuntut adanya perbaikan yang berkaitan dengan system pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran di sekolah. Dengan adanya perbaikan sistem pembelajaran disekolah, diharapkan pemahaman siswa terhadap meteri pelajaran akan meningkat sehingga akan berpengaruh juga pada hasil belajar siswa.download ptk akuntansi smk doc

Belajar sangat erat hubungannya dengan hasil belajar. Belajar adalah suatu proses mengkonstruksikan perilaku aktif siswa untuk menuju perubahan yang dengan sengaja diciptakan untuk memperoleh pengetahuan dan pemahaman terhadap materi yang hasilnya diwujudkan dalam hasil belajar siswa. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Hasil belajar merupakan peranan penting dalam proses pembelajaran. Proses penilaian terhadap hasil belajar dapat memberikan informasi kepada guru tentang kemajuan siswa dalam upaya mencapai tujuan-tujuan belajarnya melalui kegiatan belajar. Selanjutnya dari informasi tersebut guru dapat menyusun dan membina kegiatan-kegiatan siswa lebih lanjut, baik untuk keseluruhan kelas maupun individu.

SMKN 14 ........ merupakan salah satu sekolah yang diminati. Siswa di sekolah ini sangat bervariasi, baik dari penguasaan materi maupun dari daya serap masing-masing siswa yang berbeda satu sama lain. Khususnya untuk kelas XII AK 2, pada mata pelajaran akuntansi. Materi akuntansi yang berkaitan dengan kemampuan berfikir dan penalaran seseorang, menjadi tantangan tersendiri bagi guru bagaimana membawakan materi agar siswa dapat menerima dan memahami materi dengan baik.
Terdapat beberapa permasalahan yang terjadi di kelas ini diantaranya: (1) Pemahaman siswa yang kurang dan tidak merata, dimana terdapat siswa yang cepat memahami penjelasan guru dan ada siswa yang lambat dalam menerima penjelasan guru. (2) Kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajaran di kelas, hal ini terlihat dari jarangnya siswa yang bertanya kepada guru apabila siswa tersebut belum jelas akan suatu materi dan jarangnya siswa yang mau mengemukakan pendapatnya di kelas kecuali siswa tertentu saja. (3) Banyak siswa yang merasa bosan dengan pembelajaran Akuntansi sehingga pada saat pembelajaran siswa biasanya tidak memperhatikan, banyak yang melamun, atau melakukan aktivitas lain diluar pembelajaran. ptk akuntansi dasar

Perasaan bosan dari siswa dapat disebabkan oleh metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru yang tidak bervariasi yaitu ceramah, tanya jawab dan penugasan saja. Dari hasil wawancara dengan siswa, sebagian besar siswa memiliki persepsi kurang positif terhadap guru, dikarenakan penjelasan guru juga terlalu cepat, guru hanya memperhatikan siswa yang mau mendengarkan pelajaran. Selain itu siswa juga merasa takut dan tegang dalam pembelajaran sehingga kondisi ini menimbulkan jarak antara guru dan siswa.

Dari survey awal yang dilakukan peneliti di kelas XII AK 2, nilai rata-rata awal adalah 59,29 angka ini belum memenuhi nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) mata pelajaran akuntansi, yaitu 80. Diantara nilai yang belum tuntas, bahkan yang mendapat nilai yang rendah yaitu 40. Siswa yang secara tepat dan teliti dalam mengerjakan soal yang diberikan guru sebanyak 29% sedangkan sisanya sebanyak 71% masih belum dapat mengerjakan soal dengan tepat dan teliti. Siswa yang mengumpulkan tugas tepat waktu sebesar 50% sedangkan sisanya sebanyak 50% mengumpulkan tugasnya dengan terlambat 1 minggu dari waktu yang telah ditentukan.

Memperhatikan permasalahan-permasalahan yang terjadi khusunya pada siswa kelas XII AK 2 SMK Negeri 14 ..........., maka perlu dicari suatu metode pembelajaran akuntansi yang efektif sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang materi akuntansi itu sendiri, dan juga peningkatan partisipasi siswa, sehingga hasil belajar siswa meningkat. Salah satu model pembelajaran yang memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan kemampuan sosialnya secara aktif adalah model pembelajaran kooperatif, dimana dalam kooperatif terdapat berbagai macam metode pembelajaran salah satunya yaitu tutor sebaya.ptk akuntansi dasar

Metode tutor sebaya yaitu sebuah metode pembelajaran dimana siswa mengajar siswa lainnya. Melalui metode tutor sebaya, siswa bukan dijadikan sebagai objek pembelajaran tetapi menjadi subjek pembelajaran, yaitu siswa diajak untuk menjadi tutor atau sumber belajar dan tempat bertanya bagi temannya. Dengan cara demikian siswa yang menjadi tutor dapat mengulang dan menjelaskan kembali materi sehingga menjadi lebih memahaminya. Fungsi lainnya adalah dengan adanya tutor sebaya siswa yang kurang aktif menjadi aktif karena tidak malu lagi untuk bertanya dan mengeluarkan pendapat secara bebas. Jadi, sistem pengajaran dengan tutor sebaya akan membantu siswa yang kurang mampu atau kurang cepat menerima pelajaran dari gurunya. 

Kegiatan tutor sebaya bagi siswa merupakan kegiatan yang kaya akan pengalaman yang sebenarnya merupakan kebutuhan siswa itu sendiri. Tutor maupun yang ditutori sama-sama diuntungkan, bagi tutor akan mendapat pengalaman, sedang yang ditutori akan lebih kreatif dalam menerima pelajaran. Dengan demikian, dapat tercipta suasana pembelajaran yang menyenangkan sehingga siswa dapat mengoptimalkan potensi yang dimiliki dan hasil belajar akuntansi siswa akan meningkat. Meskipun peneliti menyadari masih banyak metode lain yang memiliki kelebihan dan kekurangan  masing-masing, namun peneliti memiliki alasan  kuat yang melatarbelakangi mengapa peneliti memilih metode tutor sebaya, bukan metode yang lain. Alasan tersebut adalah dilatarbelakangi oleh kondisi dari subyek penelitian ini yaitu siswa SMKN ........ kelas XII AK 2. Dari penelitian awal sewaktu peneliti mengamati kelas tersebut, siswa lebih nyaman untuk bertanya pada temannya dari pada bertanya kepada guru. 

Selain itu pada saat guru memberikan tugas kepada siswa, siswa cenderung untuk mengerjakannya secara berkelompok. Dari keadaan tersebut, peneliti melihat bahwa siswa tersebut memiliki perbedaaan karakteristik dalam belajar, selain itu siswa mengakui bahwa mereka akan lebih mudah menerima materi apabila penyampaiannya dengan cara yang santai dan tidak terkesan mendikte. Maka peneliti merasa penggunaan metode tutor sebaya akan tepat digunakan pada siswa kelas XII AK 2 SMKN 14 ..........

Berdasarkan uraian diatas, penulis bermaksud untuk melakukan penelitian dengan judul “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Akuntansi melalui Metode Pembelajaran Tutor Sebaya pada Siswa Kelas XII AK 2 SMAN 14 ........ Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020”.

B. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut:
1. Apakah penggunaan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XII AK 2 SMKN 14 ........semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 ?
2. Bagaimana penerapan metode pembelajaran tutor sebaya dalam meningkatkan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XII AK 2 SMKN 14 ........... semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 ?

C. Tujuan Penelitian
Sesuai dengan rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui penggunaan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XII AK 2 SMKN 14 .......... semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020.skripsi ptk pendidikan akuntansi
2. Mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran tutor sebaya dalam meningkatkan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XII AK 2 SMKN 14 ......... semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020.

2.DOWNLOAD PTK SMK LENGKAP TERBARU DOC

BAB II
LANDASAN TEORI


A. Hasil Belajar Akuntansi
Belajar merupakan kegiatan inti di sekolah. Berhasil tidaknya seorang siswa tergantung bagaimana proses belajar di sekolah tersebut. Para ahli mengemukakan pendapatnya mengenai definisi belajar seperti yang dikemukakan oleh Gino (2000:6) bahwa “Belajar adalah suatu kegiatan yang dapat menghasilkan perubahan tingkah laku, baik potensial maupun aktual. Perubahan-perubahan itu berbentuk kemampuan-kemampuan baru yang dimiliki dalam waktu yang relatif lama (konstan). Sejalan dengan Gino, pendapat lain juga dikemukakan oleh Slameto (2003:2) bahwa “Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan  lingkungan”. 

Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Hasil belajar merupakan peranan penting dalam proses pembelajaran. Proses penilaian terhadap hasil belajar dapat memberikan informasi kepada guru tentang kemajuan siswa dalam upaya mencapai tujuan-tujuan belajarnya melalui kegiatan belajar. Selanjutnya dari informasi tersebut guru dapat menyusun dan membina kegiatan-kegiatan siswa lebih lanjut, baik untuk keseluruhan kelas.
Menurut Hamalik (2006:30) hasil belajar adalah bila seseorang telah belajar akan terjadi perubahan tingkah laku pada orang tersebut, misalnya dari tidak tahu menjadi tahu, dan dari tidak mengerti menjadi mengerti.

Berdasarkan beberapa pengertian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar adalah suatu penilaian akhir dari proses dan pengenalan yang telah dilakukan berulang-ulang. Serta akan tersimpan dalam jangka waktu lama atau bahkan tidak akan hilang selama-lamanya karena hasil belajar turut serta membentuk pribadi individu yang selalu ingin mencapai hasil yang lebih baik lagi sehingga akan merubah cara berpikir serta menghasilkan perilaku kerja yang lebih baik.
Mata Pelajaran Akuntansi, menurut American Accounting Assosiation seperti yang dikutip Soemarsono (2004:3) “Akuntansi adalah proses mengidentifikasi, pengukuran, dan pengomunikasian informasi ekonomi sehingga memungkinkan adanya pertimbangan dan pengambilan keputusan berdasarkan informasi oleh para pengguna informasi tersebut”. Sedangkan menurut Jusup (2005:4) Definisi akuntansi dapat dirumuskan dari dua sudut pandang, yaitu definisi dari sudut pandang pemakai jasa akuntansi dan dari sudut proses kagiatannya.

Berdasarkan beberapa uraian para ahli diatas mengenai akuntansi, peneliti membatasi pengertian akuntansi dalam hal ini akuntansi sebagai suatu mata pelajaran yang harus dipelajari dan dikuasai oleh siswa sekolah menengah atas ataupun sekolah menengah kejuruan yang berhubungan dengan pembuatan laporan keuangan perusahaan dengan pembagian materi sesuai yang tercantum dalam kurikulum yang digunakan masing-masing sekolah. Akuntansi merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di SMK Negeri ............... khususnya jurusan Akuntansi. Khusus pada kelas XII semester ganjil dalam kompetensi dasar 3.13 Menerapkan asset tetap terdapat materi “Penyajian Aset Tetap di Laporan Keuangan”. Dimana materi pembelajaran tersebut biasanya penjadi momok bagi para siswa. Melihat hal ini guru hendaknya melakukan suatu pembelajaran baru yang menyenangkan agar siswa dapat belajar lebih baik dan mudah memahami materi tersebut.skripsi ptk pendidikan akuntansi

Dalam kurukulum SMK Negeri ......... khusunya pada jurusan Akuntansi dimana terdapat mata pelajaran Ekonomi, yang didalamnya terdapat mata pelajaran Akuntansi. Dan untuk selanjutnya mata pelajaran Akuntansi di ajarkan terpisah dari Ekonomi, hal ini di maksudkan untuk mempermudah siswa dalam memahami materi. Pokok bahasan khusus yang diajarkan pada kelas XII AK 2 semester ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020.
Dalam pembelajaran tahun-tahun sebelumnya, untuk mata pelajaran ini khususnya untuk materi “Penyajian Aset Tetap di Laporan Keuangan” menjadi momok bagi siswa sehingga menghasilkan capaian yang timpang diantara siswa. Kurangnya partisipasi siswa, pemahaman terhadap materi yang kurang, pengelolaan waktu yang kurang menjadikan proses belajar menjadi kurang maksimal. 

Oleh karena itu, dalam penerapan metode tutor sebaya yang akan dilakukan oleh peneliti bersama kolaborator diharapkan pembelajaran akan memberikan kontribusi yang lebih baik daripada tahun-tahun sebelumnya. Dampak dari penerapan tersebut dapat kita lihat tidak hanya dari hasil akhir pembelajaran saja tetapi juga terhadap proses pelaksanaannya. Penilaian atau evaluasi pembelajaran akuntansi dengan metode yang baru akan dilakukan dengan menilai hasil belajar dilihat dari tiga domain hasil belajar yaitu domain kognitif, afektif dan psikomotor. Melalui penerapan metode tutor sebaya diharapkan hasil belajar akuntansi menjadi lebih meningkat.

B. Metode Pembelajaran Tutor Sebaya
1. Pengertian Metode Tutor Sebaya
Menurut Hamzah Uno (2009:65) ”metode pembelajaran merupakan cara-cara yang digunakan pengajar atau instruktur untuk menyajikan informasi atau pengalaman baru, menggali pengalaman peserta belajar, menampilkan unjuk kerja peserta belajar dan lain-lain.” Dalam menyampaikan materi pelajarannya, guru harus tepat dalam menentukan metode yang akan digunakan, yaitu harus sesuai dengan materi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

Cooperative Learning adalah suatu model pembelajaran di mana siswa belajar dan bekerja dalam kelompok-kelompok kecil yang berjumlah empat sampai enam orang secara kolaboratif sehingga dapat merangsang siswa lebih bergairah dalam belajar. (Slavin, dalam isjoni 2008:150). Lie (2008:156) menyebut pembelajaran kooperatif dengan istilah pembelajaran gotong-royong, yaitu kelompok pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bekerja sama dengan siswa lain dalam tugas-tugas yang terstruktur. Pembelajarn kooperatif hanya berjalan kalau sudah terbentuk suatu kelompok yang didalamnya siswa bekerja secara terarah untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan dengan jumlah anggota kelompok pada umumnya terdiri dari 4-5 orang saja.

Secara harfiah tutor sebaya terdiri dari dua kata yaitu tutor dan sebaya. Dalam kamus besar bahasa Indonesia, tutor didefinisikan orang yang memberikan pelajaran (membimbing) kepada seorang atau sejumlah kecil siswa, sedangkan sebaya yaitu sama atau hampir sama umur. Pada pembelajaran dengan menggunakan metode tutor sebaya siswa yang berperan sebagai tutor akan terlebih dahulu dibekali dengan materi yang akan disampaikan oleh guru. Pembekalan materi ini dilakukan diluar jam pelajaran, tetapi dalam pembelajaran berlangsung guru juga menerangkan materi tersebut secara singkat hanya pokok bahasan materinya saja.ptk akuntansi smk kelas xii

C.DOWNLOAD PTK AKUNTANSI SMK KELAS XII

BAB III
METODOLOGI PENELITIAN


A. Tempat dan Waktu Penelitian
Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri...... yang beralamat di .............. Alasan pemilihan sekolah dan kelas XII AK 2 yaitu: 1) Guru mata pelajaran Akuntansi cenderung masih menggunakan metode konvensional, yaitu ceramah, tanya jawab, dan penugasan. 2) Kurangnya hasil belajar siswa kelas XII AK 2 pada mata pelajaran akuntansi. 3) Sekolah belum pernah digunakan penelitian sejenis, sehingga terhindar dari kemungkinan adanya penelitian ulang.
Setelah lokasi penelitian ditentukan, maka langkah selanjutnya adalah menentukan waktu penelitian. Penelitian dilakukan pada bulan Agustus 2019 sampai dengan Oktober 2019. Kegiatan tersebut meliputi persiapan sampai penyusunan laporan penelitian, rincian waktu dan jenis kegiatan penelitian adalah sebagai berikut.

Tabel 3.1
Rincian Kegiatan, Waktu dan Jenis Kegiatan Penelitian

No Jenis Kegiatan Agust 2019 Sept 2019 Okt 2019
1 Survey dan Koordinasi Kurikulum
2 Penyusunan Instrumen
3. Pengumpulan Data
4 Analisis Data
5 Penyusunan Laporan


B. Subjek dan Obyek Penelitian
1. Subyek Penelitian
Subyek penelitian adalah siswa kelas XII AK 2 SMK Negeri ............, dengan alasan pertama kurangnya hasil belajar siswa kelas XII AK 2 SMK Negeri ............ hasil belajar dalam hal ini meliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotor, kedua kelas XII AK 2 belum pernah digunakan penelitian sejenis, sehingga terhindar dari kemungkinan adanya penelitian ulang pada subyek, waktu dan obyek yang sama.

2. Objek Penelitian
Objek pada penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah berbagai kegiatan yang terjadi di dalam kelas selama berlangsungnya Proses Belajar Mengajar yang terdiri dari:
a. Pemilihan model pembelajara
b. Pelaksanaan model pembelajaran yang dipilih, yaitu dengan metode pembelajaran Tutor Sebaya.
c. Suasana belajar saat berlangsungnya proses belajar mengajar.
d. Partisipasi siswa dalam proses pembelajaran.
e. Hasil proses pembelajaran.

C. Sumber Data
Data penelitian yang dikumpulkan dalam penelitian tindakan kelas berupa segala gelaja atau peristiwa yang mengandung informasi yang berkaitan dengan kreteria keberhasilan yang telah ditetapkan. Data tersebut meliputi data sekolah, data siswa, nilai hasil belajar, dan partisipasi siswa. Data penelitian dikumpulkan dari berbagai sumber yang meliputi:
1. Dokumen atau arsip sekolah mengenai data siswa kelas XII AK 2 dan nilai ulangan harian mata pelajaran Akuntansi.
2. Guru mata pelajaran Akuntansi kelas XII AK 2, data yang diperoleh berupa informasi mengenai partisipasi siswa saat kegiatan belajar mengajar sebelum dilakukan penelitian tindakan kelas dan setelah penelitian tindakan kelas yaitu pada saat penerapan metode tutor sebaya.
3. Siswa kelas XII AK 2 sebagai subyek penelitian, data yang diperoleh berupa partisipasi siswa, nilai ulangan harian mata pelajaran Akuntansi siswa saat metode tutor sebaya diaplikasikan.
4. Peristiwa kegiatan belajar mengajar akuntansi ketika metode tutor sebaya diaplikasikan.

D. Pendekatan Penelitian
Pendekatan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas merupakan salah satu jenis penelitian tindakan yang bersifat praktis, karena penelitian ini menyangkut kegiatan yang dipraktikkan guru dalam tugasnya sehari-hari. Permasalahan yang diangkat untuk diteliti benar- benar merupakan permasalahan yang ada dalam pekerjaan guru. Penelitian ini dapat dilakukan oleh orang yang tidak langsung menangani kegiatan proses belajar mengajar di kelas.

Menurut Suharsimi Arikunto (2009:2) menyebutkan penelitian tindakan kelas sebagai berikut:
Penelitian tindakan kelas terdiri dari tiga kata yaitu penelitian, tindakan dan kelas. Penelitian adalah kegiatan mencermati suatu obyek, menggunakan aturan metodelogi tertentu untuk memperoleh data atau informasi yang bermanfaat untuk meningkatkan mutu suatu hal yang menarik minat dan penting bagi peneliti. Tindakan adalah sesuatu gerak kegiatan yang sengaja dilakukan dengan tujuan tertentu, yang dalam penelitian ini terbentuk rangkaian siklus kegiatan. Kelas adalah sekelompok siswa yang dalam waktu yang sama menerima pelajaran yang sama dari seorang guru.

Sedangkan menurut Zainal Aqib (2009:13) penelitian tindakan kelas merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan yang sengaja dimunculkan, dan terjadi dalam sebuah kelas. Karakteristik PTK antara lain: didasarkan pada masalah yang dihadapi guru dalam intruksional, adanya kolaborasi dalam pelaksanaannya, peneliti sekaligus sebagai praktisi yang melakukan refleksi, bertujuan memperbaiki dan atau meningkatkan kualitas pembelajaran, dilaksanakan dalam rangkaian langkah dengan beberapa siklus.

Jadi dapat disimpulkan PTK adalah tindakan yang dilakukan untuk memecahkan suatu masalah pembelajaran yang terjadi dalam suatu kelas untuk memperbaiki hasil dan proses belajar. Pelaksanaan PTK terdiri dari empat tahap yaitu: (1) Perencanaan Tindakan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi dan Interprestasi, dan (4) Analisis dan Refleksi. Dari keempat tahap dalam penelitian tindakan tersebut merupakan satu siklus yaitu satu putaran kegiatan beruntun. Jadi bentuk penelitian tindakan tidak pernah kegiatan tunggal tetapi rangkaian kegiatan yang akan kembali ke asal, yaitu dalam bentuk siklus. Informasi yang diperoleh dari langkah refleksi, merupakan bahan yang tepat untuk menyusun perencanaan siklus berikutnya.proposal ptk smk akuntansi

4.PROPOSAL PTK AKUNTANSI SMK KURIKULUM 2013

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, S. dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta, Bumi Aksara.

Depdikbud. 1996/1997. Media dalam Proses Pembelajaran I. Jakarta, 

Pedoman Khusus Penyusunan Materi Pembelajaran. Jakarta, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Menengah Umum 2000.

Jurnal Gentengkali Volume 3 Nomor 7. Surabaya, Kantor Depdiknas Wilayah Propinsi Jawa Barat.

Hamalik, Oemar. 1980. Media Pendidikan. Bandung, Alumni.

Laporan Penelitian. Malang. Universitas Negeri MalangNasution, S. 1995. Didaktik Azas-Azas Mengajar. Jakarta, Bumi Aksara.

Mulyasa, E. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung, Rosdakarya.

Radyastuti, W. dkk. 2000. Pedoman Pelaksanaan Tindakan Kelas. Malang, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Badan Pengkajian Penerapan Teknologi.

Russeffendi. 1988. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran matematika. Bandung.

Soedjadi, R. 1999. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta, Dirjen Dikti, Depdikbud.

Somerset, A. 1997. Strengthening Quality in Indonesia’s junior Secondary School on Overvies Issues Initiatives. MOEC, Jakarta.

Sudjana, N. 2004. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung, Sinar Baru Algensindo.

Wiriaatmadja, R. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung, Remaja Rosdakarya.

Terima kasih telah berkunjung di blog kami yang membahas PTK AKUNTANSI SMK.Semoga PTK ini dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + Rekomendasikan ini di Google untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di bawah. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.