Selasa, 29 September 2020

DOWNLOAD CONTOH LENGKAP PTK TIK SMP METODE DYNAMIC GROUP

 DOWNLOAD CONTOH LENGKAP PTK TIK SMP METODE DYNAMIC GROUP-Rendahnya hasil Belajar TIK Siswa Kelas VII di SMPN 2 ...... menjadikan bahan untuk peneliti melakukan penelitian dengan rumusan masalah 1) Bagaimana penerapan metode dynamic group untuk meningkatkan hasil belajar siswa TIK siswa Kelas VII SMPN 2 ...............?, 2) Apakah metode dynamic group dapat meningkatkan hasil belajar TIK siswa Kelas VII SMPN 2 ........... ?. dengan tujuan 1) Untuk mendeskripsikan penerapan metode dynamic group untuk meningkatkan hasil belajar TIK siswa Kelas VII SMPN 2 ............ 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar TIK siswa Kelas VII SMPN 2 ........dengan metode dynamic group. ptk tik smp kelas vii doc

Setelah dilakukan penelitian ditemukan bahwa 1) Penerapan metode dynamic group untuk meningkatkan hasil belajar TIK siswa Kelas VII SMPN 2 ................merupakan proses aktifitas usaha secara sadar dilakukan oleh pengajar kepada peserta didik untuk menyampaikan informasi pengetahuan, mengorganisasi dan menciptakan sistem lingkungan yang kondusif dengan segala metode, sarana dan teknik yang dapat diterapkan bila sejumlah orang bekerja sama dalam kelompok untuk memecahkan suatu masalah yang dihadapi bersama melalui penukaran pikiran atau untuk merencanakan suatu tindakan yang akan dilakukan bersama sehingga mendorong siswa dapat melakukan kegiatan belajar secara aktif untuk mencapai tujuan pembelajaran yaitu peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap. 2) Metode dynamic group dapat meningkatkan hasil belajar TIK siswa Kelas VII SMPN 2 .............. dapat dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa bahwa nilai rata-rata sisklus I dengan rata-rata 3,48 dengan ketuntasan 90% dan pada siklus II diperoleh rata-rata 3,77 dengan ketuntasan 100%. Menunjukan peningkatan nilai rata-rata 0,29 poin dengan peningkatan persentase ketuntasan 10%.

Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas mapel TIK SMP KELAS VII yang diberi judul “UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR TIK PADA SISWA KELAS VII DI SMPN 2  DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN DYNAMIC GROUP”, untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam kenaikan tingkat dari IV a ke IV b. Disini akan di bahas lengkap.

PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan file lengkap dalam bentuk word dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS/WA/TM ke 081-7283-4988 dengan Format PESAN  PTK 114 SMP   ).

A.PTK TIK SMP KURIKULUM 2013 LENGKAP

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Dengan kata lain, pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik Tujuan utama diselenggarakannya proses belajar adalah demi tercapainya tujuan pembelajaran. Tujuan tersebut utamanya adalah keberhasilan peserta didik belajar pada suatu mata pelajaran maupun pendidikan pada umumnya (Krismanto, 2003:46). Pendidikan diselenggarakan dengan memberikan keteladanan, membangun kemauan dan mengembangkan kreatifitas peserta didik dalam proses pembelajaran. 

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya utuk memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya untuk, masyarakat, bangsa dan negara (UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 bab I pasal 1). Lembaga-lembaga pendidikan dituntut agar dapat membuat program-program pendidikan yang mampu mencetak sumber daya manusia yang berkualitas dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan sehingga dapat relevan dengan kebutuhan masyarakat, adanya pembaharuan pendidikan dengan menciptakan berbagai inovasi.

Berdasarkan hasil observasi pada proses pembelajaran siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 ...... diperoleh masih rendahnya hasil belajar TIK materi mengaktifkan komputer dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa sebelum tindakan ditemukan adalah sebesar 2,58 kurang dari nilai KBM 2,65 dan siswa tuntas belajar hanya 61% siswa dari 31 siswa di Kelas VII yang diteliti. Hal ini disebabkan diantaranya pada faktor interenal sekolah. Beberapa faktor internal diantaranya di Kelas VII fasilitas belajar dikelas kurang kondusif yaitu panas, sarana prasarana media pembelajaran yaitu infocus dan training object terbatas untuk pembelajaran TIK oleh tenaga pengajar. Dalam proses pembelajaran terdapat guru yang menggunakan metode pembelajaran dengan pendekatan tradisional. Pendekatan tradisional hanya untuk mengahafal konsep-konsep mata pelajaran yang diberikan saja dan siswa kurang mampu untuk memahami dengan maksimal serta mengembangkan kemampuan kognitif. Selain itu siswa merasa bosan dalam belajar sehingga aktivitas belajar rendah terlihat dengan semangat siswa saat diberikan pertanyaan sehingga dapat berdampak rendahnya penguasaan kompetensi yang ditetapkan dan terlihat pada hasil tes terlampir.contoh ptk tik kurikulum 2013 doc

Selain itu berdasarkan permasalahan yang dialami peneliti pada saat mengajar di Kelas VII SMP Negeri 2 ............ terdapat kendala yaitu: kegiatan belajar mengajar masih pasif, ada beberapa siswa yang kurang memperhatikan pada saat guru menyampaikan pelajaran seperti berbicara dengan temannya atau sibuk mengerjakan tugas lainnya. Komunikasi dan kerjasama dalam kelas belum optimal karena antusias siswa untuk bertanya kepada guru masih rendah sehingga kegiatan belajar mengajar dikelas mayoritas dilakukan oleh guru. Hasil belajar siswa juga kurang optimal, dapat dilihat dari hasil tes dan evaluasi yang diberikan setelah proses pembelajaran selesai.

DOWNLOAD PTS PAUD DAN TK LENGKAP TERBARU DOC

CONTOH PTK PAI SMA MATERI MACAM SUJUD KURIKULUM 2013

CONTOH PTS MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH SD TERBARU DOC


B.CONTOH PTK TIK SMP KELAS VII DOC

BAB II
KAJIAN TEORI

A. Hasil Belajar

Penerapan metode pembelajaran yang tepat dengan didukung sarana dan prasarana yang memadahi seperti tempat, peralatan dan media yang digunakan dapat berdampak terhadap peningkatan pretasi belajar peserta didik. Dengan adanya peningkatan hasil belajar maka proses pembelajaran dapat dikatakan efektif dan efisien serta agar metode yang digunakan dapat diketahui efisiensinya terhadap proses pembelajaran maka perlu diketahui tentang pengertian hasil belajar.

Prestasi adalah suatu proses aktif yang memerlukan dorongan dan bimbingan kearah tercapainya tujuan yang dikehendaki (Kasijan, 2000:32) dan dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia memperkuat bahwa prestasi adalah hasil yang dicapai setelah orang melakukan kegiatan (Poerwodarminto, 2001:186). Jadi yang dimaksud prestasi dalam penelitian ini adalah kecakapan keterampilan dari usaha yang disadari oleh seseorang yang menghasilkan suatu perubahan tingkah laku pada diri sendiri berkat pengalaman dan latihan.ptk tik smp lengkap 

Belajar adalah proses aktif untuk mengubah tingkah laku secara kuantitatif dan kualitatif dengan tujuan menguasai dan mengamalkan sejumlah pengetahuan dan keterampilan kerja. Sedangkan pendapat lain mengemukakan belajar merupakan perubahan dari kepribadian (Nana, 2003:155).

B. Metode Dynamic Group

Metode berasal dari bahasa Yunani “Methodos’’ yang berarti cara atau jalan yang ditempuh. Sehubungan dengan upaya ilmiah, maka, metode menyangkut masalah cara kerja untuk dapat memahami objek yang menjadi sasaran ilmu yang bersangkutan. Fungsi metode berarti sebagai alat untuk mencapai tujuan (Wikipedia, 2011). Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (2001) metode merupakan cara teratur yang digunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan agar tercapai sesuai dengan yang dikehendaki, selain itu dapat diartikan juga sebagai cara kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yg ditentukan.

Dynamic group, muncul di Jerman pada menjelang tahun 1940-an, diilhami oleh teori kekuatan medan yang terjadi di dalam sebuah kelompok, akibat dari proses interaksi antar anggota kelompok. Teori ini dikembangkan oleh ahli-ahli psikologi Jerman penganut aliran gestalt psycology. Salah seorang tokohnya adalah Kurt Lewin yang terkenal dengan Force-Field Theory. Mereka melihat sebuah kelompok sebagai satu kesatuan yang utuh, bukan sebagai kumpulan individu-individu yang terlepas satu sama lain. Kesatuan ini muncul sebagai resultan dari adanya gaya tarik menarik yang kuat diantara unsur-unsur yang terlibat di dalamnya. Unsur-unsurnya adalah manusia yang ada dalam organisasi, yang masing-masing bertindak sebagai ego, dengan gaya-gaya tertentu, sehingga terjadilah saling tarik menarik, yang akhirnya menghasilkan resultan gaya yang kemudian menjadi kekuatan kelompok. Istilah dynamic group dapat diartikan pula sebagai studi tentang kekuatan-kekuatan sosial dalam suatu kelompok yang memperlancar atau menghambat proses kerjasama dalam kelompok atau segala metode, sarana dan teknik yang dapat diterapkan bila sejumlah orang bekerja sama dalam kelompok, misalnya berperan (role playing) dan observasi terhadap jalannya proses kelompok dan pemberian umpan balik (feedback) serta prosedur menangani organisasi dan pengolahan suatu kelompok (W.S Winkel dan MM. Srihastuti, 2004:547).

C.KUMPULAN JUDUL PTK TIK SMP TERBARU

BAB III
METODE PENELITIAN

A. Setting dan Subjek Penelitian

1. Tempat Penelitian

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 ........ yang beralamat di Jl. Pramuka No.108, ..........Kec. .........., Kota ................Tepatnya adalah dimana peneliti bertugas mengajar.

2. Waktu Penelitian

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada bulan awal bulan Juli sampai dengan akhir bulan September semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 tepatnya sebagai berikut.

3. Subjek Penelitian

Sumber data penelitian ini adalah siswa Kelas VII di SMP Negeri 2........... Tahun Pelajaran 2019/2020 yang diteliti berjumlah 31 orang terdiri dari latar belakang yang berbeda. Alasan pemilihan kelas ini dikarenakan peneliti sebagai guru TIK di kelas tersebut.download ptk tik smp kelas vii 

B. Desain Penelitian

1. Model yang Digunakan

Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang sering dikenal dengan istilah Classroom Action Research (CAR) yang berarti penelitian yang dilakukan pada sebuah kelas untuk mengetahui akibat tindakan yang diterapkan pada suatu subyek penelitian di kelas tersebut (Nizar Alam Hamdani dan Dody Hermana, 2008:42). Proses PTK ini terdiri dari dua siklus dengan model yang dikembangkan oleh Zainal Aqid (2006:31) dengan 5 tahapan pelaksanaan penelitian tindakan kelas dan termasuk tahapan awal berupa proses penghayatan mengenai adanya permasalahan yang perlu mendapat penanganan. Adapun tahapan tersebut adalah:

a. Identifikasi masalah penelitian

b. Perencanaan tindakan

c. Pelaksanaan tindakan, observasi dan interpretasi

d. Refleksi

e. Perencanaan ulang

Alur siklus tahapan kegiatan penelitian tersebut dapat digambarkan sebagai berikut:

 Lihat judul yang lain

DOWNLOAD LENGKAP PTK BAHASA ARAB SMP DOC

DOWNLOAD CONTOH PTK IPA SD KELAS 1 MEDIA INTERAKTIF DOC

D.DOWNLOAD PTK TIK SMP KURIKULUM 2013

DAFTAR PUSTAKA


Anonim. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional.Indonesia.

Aqib Zainal. (2006). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Bandung: CV Yrama Widya.

Biggs, JB. (1985). The Role of Metalearning Sudy Process. British Journal of Educational Psychology. 55.185-212.

Depdiknas. (2001). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.

Dody Hermana dan Hamdani Alam Nizar. (2008). Classroom Action Research. Indonesia : Rahayasa.

Fudyartanto RBS. (1975). Studi Psikologi I Psikologi Umum Jilid III. Yogyakarta: Yayasan Pancasila.

Gulo, W. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Kasijan. (1984). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bina Ilmu.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2003). Landasan Psikologi Proses Pendidikan.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. (2005). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Winkel, WS. (1983). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia.

Terima kasih telah berkunjung di blog kami yang membahas PTK TIK SMP .Semoga PTK ini dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + Rekomendasikan ini di Google untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di bawah. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.